Penting untuk menjadi menyenangkan, menarik, dan berpengetahuan sepanjang waktu untuk mempertahankan citra bisnis yang positif, tetapi itu hanya bagian dari menjadi seorang profesional. Panduan yang Anda butuhkan untuk mengetahui ini akan menunjukkan kepada Anda cara menyatukan (dan memelihara) seluruh paket profesional dari cara berpakaian hingga mengesankan melalui cara berperilaku di sekitar dan berkomunikasi dengan pelanggan dan klien.
Cara Berpakaian
Tidak ada yang terlalu ketat, terlalu pendek atau terlalu terbuka adalah aturan umum yang baik untuk diikuti ketika berpakaian sebagai seorang profesional. Beli dan pakai pakaian dengan kualitas terbaik yang Anda mampu.
Namun, bagaimana Anda berpakaian sebagai profesional bisnis akan sangat bergantung pada bisnis apa yang Anda lakukan. Jika bisnis Anda melibatkan tur sepeda terkemuka, maka jelas spandex adalah pilihan yang bagus. Jika Anda seorang profesional perawatan kesehatan, Anda akan mengenakan seragam.
Kata ganti pakaian umum untuk profesional adalah konservatif. Ingin dianggap serius? Berpakaian serius. Simpan potongan-potongan trendi untuk waktu "tidak bekerja".
Bijaklah. Apakah benar-benar ide yang bagus untuk mengenakan sepatu 4 inci ketika Anda memiliki empat properti untuk ditampilkan pada hari itu?
Kenakan kaus kaki yang baik dan jagalah kaki Anda. Selalu. Saya tidak pernah melupakan salesman genteng yang datang ke rumah kami dan dengan sopan melepas sepatunya - hanya untuk mengungkapkan bahwa salah satu kaus kakinya memiliki lubang di dalamnya memperlihatkan jempolnya. Itu benar-benar bias saya terhadap dia dan pitch-nya. Jelek kaki telanjang bisa mengganggu atau menjijikkan bagi sebagian orang, jadi jagalah pedikur Anda di musim sandal.
Perhatikan aksesori Anda. Jangan berlebihan perhiasan. Profesional dan norak tidak pergi bersama. Jika Anda perlu membawa tas tangan, portofolio atau tas kerja, itu harus saat ini dan dalam keadaan baik. Sepatu harus konservatif, sesuai dengan profesi Anda, dalam perbaikan yang baik dan dipoles jika perlu.
Jangan berpakaian terlalu santai. Perhatikan bahwa ada hal-hal seperti pakaian bisnis dan pakaian yang sesuai.
Persiapan
Muncul tepat waktu untuk janji. Muncul terlambat untuk pesta adalah mode. Datang terlambat untuk janji bisnis tidak sopan. Hindari terlambat dengan merencanakan untuk menjadi lebih awal. Andi jika Anda terlambat (terkadang tidak dapat dihindari) mohon maaf terlebih dahulu saat Anda tiba.
Muncul siap untuk pergi bekerja. Di dalam Anda mungkin merasa lelah, terkulai, terengah-engah karena terkena kafein lain. Tetapi Anda tidak dapat menyeret diri atau meminta secangkir kopi di situs klien. Tidak peduli apa yang Anda rasakan, Anda harus menampilkan diri Anda sebagai antusias untuk bekerja dengan benar - dan melakukannya. Lakukan apa yang harus Anda lakukan untuk mewujudkannya.
Bawa semua perlengkapan / peralatan Anda bersama Anda. Muncul tanpa peralatan yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan tidak hanya tidak profesional; itu membuatmu terlihat seperti orang bodoh. Favorit saya adalah calon tukang kebun yang muncul di pintu saya; dia akan senang memangkas pohon saya, katanya, jika dia bisa meminjam tangga saya. Ummm…. Tidak. Pelajari lebih lanjut.
Bertindak seperti bisnis setiap saat. Anda tidak akan masuk ke rumah klien, melemparkan diri Anda ke sofa mereka dan meletakkan kaki Anda di atas meja kopi mereka, bukan? Nah, ada banyak perilaku lain yang perlu Anda hindari juga. Merokok. Makan Minum (sebagian besar waktu. Jika Anda batuk, mintalah segelas air.) Ceri anak-anak di bawah dagu atau memeluk mereka. Memeluk siapa pun. Menggunakan kamar mandi klien (kecuali mutlak diperlukan). Menggunakan atau menyentuh apa pun milik mereka tanpa izin. Kedengarannya menakutkan? Anggap saja sebagai perilaku terbaik Anda dan Anda tidak akan terlalu jauh salah.
Semua waktu berarti di mana-mana. Anda harus bertindak secara profesional di luar situs klien dan di kantor Anda juga. Perilaku kasar atau menjengkelkan akan dicatat oleh siapa pun yang menyaksikannya dan, jika mereka tidak membebani klien Anda saat ini, dapat membebani klien Anda di jalan. Jadi jangan mengutuk atau "beri tahu" orang yang baru saja mencuri tempat parkir Anda - mereka mungkin adalah seseorang yang ingin Anda ajak berbisnis!
Perilaku
Jangan terlalu akrab. Seorang profesional bukan teman. Sebagai profesional, Anda tentu ingin bersahabat, tetapi Anda tidak ingin mendorong kepercayaan pribadi atau membagikannya. Dan Anda tentu tidak ingin klien Anda berpikir Anda sedang membuat langkah pada pasangan mereka.
Pelajari cara melakukan obrolan. Di sisi lain, Anda tidak ingin datang sebagai Mr./Ms. super serius semua bisnis dan tidak ada tetapi. Terutama ketika Anda bertemu klien / pelanggan untuk pertama kalinya, sedikit chit-chat umum dapat pergi jauh ke arah membuat Anda terlihat manusia dan klien Anda nyaman.
Miliki "dokumen" Anda dalam keadaan baik. Jika Anda menggunakan tablet, ponsel cerdas, atau laptop, itu bagus - tetapi apa pun yang Anda tunjukkan, klien tetap perlu diatur, rapi, dan dapat dipahami, baik itu rencana proyek atau faktur. Dan selalu periksa kembali semua nomor Anda. Klien yang menemukan kesalahan adalah klien yang mungkin Anda kehilangan.
Katakan terima kasih. Selalu berterima kasih kepada klien atas waktunya di akhir rapat. Dan jika mereka melakukan bisnis dengan Anda, katakan terima kasih untuk itu juga. Catatan tulisan tangan adalah cara yang bagus untuk melakukan ini. (Dan jangan lupa untuk meminta rujukan atau testimoni jika semuanya berjalan dengan baik!)
Jangan membatalkan atau menjadwalkan ulang janji kecuali untuk alasan yang sangat bagus.
Komunikasi Pelanggan
Beri klien dan pelanggan waktu-muka ketika Anda berbicara dengan mereka. Letakkan ponsel Anda dan lihat mereka di mata. Pelanggan dan klien ingin merasakan bahwa Anda memberi mereka seluruh perhatian dan Anda tidak ingin kehilangan pelanggan dengan membuat mereka merasa tidak penting.
Dengarkan klien dan pelanggan Anda secara aktif. Gunakan perilaku seperti mirroring dan rephrasing untuk memberi tahu mereka bahwa Anda mendengarnya. Berlatih mendengarkan aktif.
Singkirkan / hilangkan kebiasaan yang mengganggu komunikasi. Jangan makan atau mengunyah permen karet saat bertemu dengan klien. Jika Anda bertemu di kantor, jangan mainkan musik latar belakang; itu bisa membuat sangat sulit bagi sebagian orang untuk mendengar apa yang Anda katakan, bahkan ketika diputar pada tingkat rendah.
Bicaralah dengan jelas dan pada tingkat yang tepat, tanpa bergumam.
Sebagai seorang profesional, Anda diharapkan untuk melakukannya berkali-kali. Dan Anda juga akan dinilai berkali-kali tentang seperti apa handshake Anda. Jadi, ada baiknya waktu untuk mempelajari cara melakukannya dengan benar. Tidak ada penanganan pompa atau ikan yang menjatuhkan diri!
Etika Telepon
Matikan ponsel Anda ketika Anda bertemu dengan klien. Kita semua tahu bahwa menerima panggilan saat Anda bertemu dengan seseorang memberi orang yang Anda temui pesan bahwa Anda tidak penting bagi mereka. Tapi coba tebak? Memeriksa siapa yang menelepon atau mengangkat ponsel Anda karena email Anda baru saja melakukan ping melakukan hal yang sama.
Matikan telepon Anda di tempat-tempat sosial di mana telepon berdering akan mengganggu orang lain, seperti pertunjukan, film, resital konser dll. Dalam situasi lain, seperti restoran, mengatur ponsel Anda untuk bergetar adalah pilihan yang baik. Itu tidak membuat Anda terlihat profesional untuk duduk di restoran dengan orang lain berbicara tanpa henti di telepon Anda; itu membuatmu terlihat menjengkelkan.
Jika Anda menerima panggilan telepon penting yang harus Anda lakukan saat berada di tempat sosial, maafkan diri Anda dan panggil panggilan di luar atau di suatu tempat di dalam yang lebih tertutup seperti lobi. Orang-orang di sekitar Anda yang tidak perlu mendengarkan Anda berbicara di ponsel Anda akan menghargai itu dan perilakunya yang akan menyelamatkan Anda dari rasa malu atau lebih buruk dalam jangka panjang. Siapa yang ingin menjadi pemenang dan makan klien penting ketika pasangan menelepon untuk meledakkan Anda tentang melupakan giliran Anda untuk membawa anak-anak ke permainan mereka?
Jangan membicarakan panggilan saat Anda kembali. Katakan saja sesuatu seperti, “Sekarang, di mana kita?” Dan lanjutkan. Untuk satu hal, betapa pun pentingnya panggilan itu untuk Anda, kemungkinannya sangat tinggi bahwa mereka tidak akan peduli. Tetapi juga, sebagai seorang profesional, ini adalah tempat Anda untuk menjaga kerahasiaan. Tidak ada yang ingin penasihat keuangan / pengacara / penata rambut / chiropractor mereka berbicara tentang mereka - dan mereka akan berasumsi jika Anda berbicara tentang orang lain.
Jangan abaikan panggilan telepon. Panggilan bisnis harus dijawab oleh hari berikutnya paling lambat. Tidak bisa mengelolanya? Maka saatnya untuk berinvestasi di beberapa layanan telepon tambahan atau menyewa resepsionis atau layanan penjawab.
Jika Anda menggunakan layanan telepon pesan suara, periksa pesan suara Anda secara teratur. Tidak ada yang lebih membuat frustrasi bagi pelanggan daripada terus mendapatkan pesan "pesan kotak suara penuh" saat mereka menelepon Anda.
Seperti panggilan telepon, email bisnis / profesional yang terkait harus dijawab - dalam 48 jam jika memungkinkan dan dalam tiga hari kerja di luar.
Rancang tanda tangan profesional menggunakan program email Anda dan kemudian gunakan di semua email yang terkait dengan bisnis Anda.
Gunakan salam seperti bisnis dan penutupan gratis. Jangan pernah memulai email profesional dengan "Hai" atau "Sayang"; gunakan nama orang itu sendiri atau dengan "Halo". "Semua yang terbaik", "Cheers", "Hormat saya" adalah semua pilihan bagus untuk ditutup; “Love”, kombinasi dari inisial, seperti “TTYL” (“Talk to You Later”) atau emoticon mana pun tidak.
Gunakan kalimat dan kata-kata bahasa Inggris lengkap di badan email profesional Anda; email bukan teks. Dan selalu mengoreksi dan memeriksa ejaan email Anda sebelum mengirimnya. Kesalahan membuat Anda terlihat seperti orang bodoh, bukan profesional.
Matikan pemberitahuan ping atau bip program email Anda dan periksa email pada waktu yang ditetapkan selama hari itu sebagai gantinya. Anda memiliki banyak hal penting untuk dilakukan setiap hari dan semakin sering Anda menjatuhkan segala sesuatu untuk membaca email terbaru yang masuk, semakin sedikit yang akan Anda selesaikan!
Media sosial
Buat akun dan / atau profil media sosial pribadi dan bisnis Anda tetap terpisah. Jika Anda di Facebook, misalnya, Anda harus memiliki halaman bisnis dan pribadi. LinkedIn adalah salah satu dari beberapa pengecualian untuk ini karena saat ini jaringan hanya untuk para profesional.
Jangan mengeposkan apa pun di salah satu halaman media sosial Anda yang tidak ingin Anda ikuti sepanjang sisa hidup Anda. Serius Kontes kaos basah yang Anda ikuti saat Anda kuliah. Selfie diambil ketika Anda benar-benar terkutuk. Lelucon bertema seks yang Anda rasakan harus dibagi dengan semua teman Anda. Semakin banyak bisnis dan instansi pemerintah adalah media sosial penambangan data - termasuk beberapa yang mungkin telah menjadi pemberi kerja atau pelanggan masa depan Anda jika saja Anda belum membuat pos bodoh itu saat itu.
Hal yang sama berlaku untuk komentar Anda di pos dan situs web orang lain. Saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak dapat memiliki pendapat; hanya saja Anda harus memilih pendapat yang Anda "sukai" atau bagikan dengan hati-hati, ingatlah bahwa beberapa pendapat Anda mungkin mengasingkan klien potensial.
Simpan pos Anda di halaman bisnis / profil profesional Anda. Bahasa kotor, lelucon atau komentar off-warna dan video yang berpotensi menyinggung tidak memiliki tempat di halaman profesional. Jika ragu, jangan posting!
Jika Anda mencoba menggunakan media sosial untuk memasarkan bisnis Anda, saran terbaik saya adalah memilih satu atau dua platform, memposting secara teratur dan responsif. Jawab pertanyaan orang dan tanggapi komentar mereka, bahkan jika itu hanya dengan "suka."

Tidak ada komentar:
Posting Komentar