Sabtu, 15 September 2018

8 Cara Cerdas Menggunakan Media Sosial untuk Menemukan Ide Bisnis Baru

Media sosial bukan lagi sekadar cara untuk menghabiskan waktu. Platform ini dapat membantu Anda menemukan pekerjaan, memasarkan produk Anda, dan terhubung dengan kontak yang berharga. Mereka bahkan dapat memicu ide bisnis.

8 Cara Cerdas Menggunakan Media Sosial untuk Menemukan Ide Bisnis Baru

Daripada menggulir tanpa gulir melalui timeline Facebook dan umpan Twitter, berikut adalah delapan cara cerdas untuk menggunakan media sosial untuk menemukan ide bisnis baru.

1. Cari pertanyaan dalam subreddit.

Jika Anda sedang mondar-mandir mencari produk teknologi baru atau ide layanan, pergilah ke situs media sosial berita dan hiburan Reddit dan mulailah menjelajahi subreddit (bidang subjek). Secara khusus, orang yang mencari ide bisnis baru harus meninjau subreddit dan menggunakan fitur Ask Me Anything, di mana pengguna dapat menanyakan pertanyaan pakar dan selebriti yang dapat mengungkap ide-ide potensial untuk usaha kecil atau menengah.

2. Lihatlah komentar di Pinterest.

Jika talenta Anda berbohong dalam mengidentifikasi atau menciptakan produk must-have hebat berikutnya, dapatkan akun Pinterest. Situs media sosial berbasis gambar menyediakan aliran konstan gambar baru untuk membuat Anda berpikir kreatif tentang ide bisnis baru.

"Dari semua situs media sosial, Pinterest adalah salah satu yang terbaik untuk melihat tren produk panas berikutnya," kata Gail Oliver, konsultan bisnis kecil dan blogger di Attention Getting Marketing. Oliver mengatakan dia melihat banyak pernikahan, dekorasi rumah dan tren mode lepas landas karena Pinterest.

Pengguna Pinterest dapat memantau komentar tanpa memperingatkan pengguna lain dan mendapatkan tampilan seluruh situs pada apa yang dipikirkan orang tentang setiap pin. Oliver mengatakan bagian komentar yang sering diabaikan memberikan lebih banyak inspirasi untuk ide-ide baru daripada beberapa situs media sosial lainnya.

"Komentar juga dapat dilihat oleh semua orang, jadi Anda dapat melihat apa yang dikatakan orang," kata Oliver.

Pinterest baru-baru ini mulai mendukung hashtag pada pin, yang merupakan kemenangan bagi pemilik bisnis dan individu yang ingin memulai bisnis. Anda sekarang dapat menghubungkan hashtag yang relevan di bilah pencarian untuk menemukan pin yang relevan dengan cepat. Anda mungkin dapat menemukan pin niche populer yang dapat memicu ide.

3. Temukan jaringan dan aplikasi media sosial bawah-radar.

Untuk sumber media sosial lain yang sebagian besar belum dimanfaatkan konten kaya ide, gunakan ponsel cerdas Anda untuk berlayar melalui salah satu jaringan sosial seluler yang kurang dikenal atau kunjungi jaringan belanja sosial. Jika aplikasi bukan milik Anda, cobalah kunjungi beberapa situs sosial khusus untuk mendapatkan inspirasi.

"Saya pikir situs berbagi sosial seperti Wanelo [komunitas belanja online dunia] dan Loverly [didedikasikan untuk belanja untuk pernikahan] lebih baik untuk mengidentifikasi peluang bisnis," kata Oliver, karena mereka mengukur minat dan persetujuan orang-orang dengan sistem "seperti" keseluruhan , bukan hanya mengukur reaksi pengikut Anda.

4. Periksa pesaing Anda.

Cara tersembunyi untuk menemukan ide bisnis baru adalah dengan diam-diam memonitor aktivitas media sosial dari pemain besar atau pesaing dalam industri potensial Anda.

"Trik untuk menggunakan media sosial untuk menemukan ide-ide baru dan tetap di atas tren saat ini adalah untuk memonitor pesaing Anda," kata Matthew Reischer, CEO LegalAdvice.com.

Ketika Anda melihat totalitas keterlibatan dari pesaing pasar Anda, Anda mendapatkan rasa yang lebih baik dari keseluruhan pola yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan titik-titik untuk menemukan ide-ide baru, katanya.

"Baca konten pesaing Anda tentang industri dan tweet mereka tentang inisiatif baru di perusahaan mereka," tambah Reischer. "Perhatikan olok-olok sosial di antara semua peserta, dan Anda dapat mulai mengumpulkan pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem pasar tempat Anda beroperasi."

5. Perhatikan keluhan.

Media sosial adalah tempat yang tepat untuk mengeluh tentang segala hal, termasuk produk dan layanan. Saat membaca keluhan mungkin tidak membuat sore menjadi menyenangkan, jika Anda melihat banyak orang mengeluh tentang hal yang sama, Anda dapat mengidentifikasi celah di pasar.

"Orang tidak selalu tahu apa yang mereka inginkan, tetapi mereka tahu apa frustrasi yang mereka miliki," kata Dayne Shuda, pendiri Ghost Blog Writers. "Indikasi yang baik bahwa Anda pada sesuatu sebagai pengusaha adalah ketika Anda melihat frustrasi yang sangat umum. Media sosial menyediakan kemampuan untuk mengamati hal ini seperti tidak ada dalam sejarah."

Nicky Barua, pendiri Nidel Dresses, juga merekomendasikan untuk mencari keluhan dan bagaimana orang menerima berbagai produk yang Anda minati.

"Anda dapat mengambil langkah lebih jauh dan mencari di forum apakah ada pasar besar yang menghadapi masalah yang sama," kata Barua. "Itu waktu yang tepat untuk menghasilkan ide bisnis Anda dan menukik dengan solusi."

6. Carilah tren.

Saat Anda menggulir umpan media sosial Anda, menjadi kognitif dari apa yang Anda lihat dan mulai mencari tren. Ketika Lilia Karimi, pendiri Wedwell, sedang mencari ide-ide pernikahan di internet, dia melihat sebagian besar industri pernikahan berfokus pada perencanaan dan penurunan berat badan, bukan kesehatan dan kesehatan emosional. Jadi, dia memutuskan untuk mengisi kekosongan di pasar dan menciptakan perusahaan yang membawa kesehatan ke industri pernikahan.

"Saya merekomendasikan orang-orang melihat lebih dekat pada feed berita mereka dan melihat apakah itu memotivasi dan menginspirasi mereka, dan jika tidak, [memutuskan] apa yang mereka ingin lihat lebih banyak," kata Karimi.

7. Cari hashtag dan kata kunci.

Barua menyarankan memulai dengan mencari hashtag dan kata kunci yang selaras dengan ide yang Anda sukai. Umpan balik ini bisa memicu ide baru.

"Pertimbangkan untuk mengikuti hashtag kunci di Instagram yang relevan untuk industri khusus Anda," tambah Deborah Sweeney, CEO MyCorporation. "Melakukan ini memungkinkan Anda untuk menemukan apa yang dibicarakan audiens target Anda [dan] mengungkap topik-topik baru yang sedang tren juga."

8. Bergabunglah dengan grup Facebook.

Grup Facebook semakin populer, dan tambang emas untuk ide bisnis. Temukan dan gabung beberapa grup yang relevan dengan industri yang Anda pikirkan untuk bergabung, kemudian pantau apa yang dikatakan orang-orang dalam grup.

Mudah-mudahan, orang-orang aktif dalam kelompok dan akan memberi Anda banyak ide. Ketika orang-orang mengeluh, perhatikan titik-titik rasa sakit mereka dan pikirkan cara-cara yang dapat Anda bantu. Ketika mereka memuji sesuatu, perhatikan dan pikirkan bagaimana Anda dapat menambahkannya.

Grup Facebook besar biasanya mencakup calon konsumen dan pesaing, dan penting untuk mengetahui apa yang mereka katakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar