Membuat laporan Google Analytics khusus dapat memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda, kebiasaan pemasaran Anda, dan relevansi bisnis Anda secara online. Tujuan menggunakan Google Analytics adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang-orang yang mengunjungi situs web Anda. Hal-hal seperti perilaku pemirsa dan demografi adalah faktor penting untuk menentukan cara membangun dan menjangkau audiens target dengan lebih baik. Analytics menyediakan banyak laporan dan model pengaitan bagi Anda untuk melakukan hal ini. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak dari Analytics dan merancang laporan Anda sendiri dengan atribut dan dimensi Anda sendiri, membuat laporan khusus adalah cara ideal untuk memulai proses itu.
Pertama, pastikan Anda telah menjelajahi semua laporan yang sudah disediakan Google. Juga, buat rencana yang jelas untuk jenis data apa yang ingin Anda kumpulkan dan analisis. Cara yang baik untuk memulai adalah menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan penting yang Anda dan rekan Anda miliki tentang situs web Anda dan para pemirsa. Pada dasarnya, Analytics adalah alat untuk menjawab pertanyaan tentang keberadaan online bisnis Anda.
Jenis laporan khusus
Membuat laporan khusus tidak sulit. Setelah membuat laporan, Anda dapat mengaksesnya kapan saja di tab Laporan Khusus pada Dasbor Analytics Anda. Ada empat jenis laporan: penjelajah, tabel datar, tampilan peta, dan laporan corong.
- Penjelajah - Laporan penjelajah mengambil format yang sama seperti laporan analytics standar: Grafik garis dan tabel data merinci berbagai elemen tentang audiens Anda dan relevansi situs web Anda. Format penjelajah memungkinkan pemilik bisnis menggunakan format Analytics yang sama sambil menjelajahi berbagai metrik, elemen, dan dimensi khusus untuk bisnis mereka.
- Meja datar - Meja datar adalah tabel data dasar. Tidak ada grafik yang menyertainya, tetapi tabel ini dapat berguna dalam merepresentasikan jenis informasi tertentu.
- Hamparan peta - Format ini sangat bagus untuk bisnis yang ingin mewakili lokasi pelanggan atau demografi dengan cara yang cepat dan mudah dicerna. Pemilik bisnis dapat meletakkan data di atas peta dunia atau negara dan melihat di mana lalu lintas dan keterlibatan adalah yang tertinggi. Daerah gelap menunjukkan peningkatan lalu lintas atau keterlibatan.
- Corong - Format corong diatur sesuai dengan corong konversi perusahaan Anda sendiri. Corong memungkinkan Anda untuk melacak dan menganalisis data pada pelanggan saat mereka melakukan perjalanan melalui corong konversi Anda.
Membuat laporan khusus
Mulai dengan mengeklik Penyesuaian di sisi kiri dasbor Analytics Anda. Ini akan membuka menu dropdown di mana Anda akan menemukan Dasbor, Laporan Kustom, Laporan Tersimpan, dan Tanda Kustom. Klik Laporan Khusus untuk mulai membuat laporan analitik Anda sendiri.
Ini akan membuka dasbor laporan khusus, tempat Anda dapat membuat laporan khusus, membuat kategori baru, atau menelusuri analitik dari galeri yang dijalankan oleh Google. Galeri ini adalah tempat yang baik untuk menemukan paket Analytics yang disesuaikan dengan jenis bisnis tertentu.
Untuk membuat laporan khusus, klik Laporan Kustom Baru.
Dari sini, Anda akan ingin mengisi formulir dengan informasi bisnis Anda. Anda dapat memilih jenis laporan, menambahkan grup metrik, atau memasukkan dimensi. Anda juga dapat membangun filter. Filter membantu menyaring data dan menghasilkan metrik yang tepat yang Anda cari. Filter diberi peringkat dalam kategori seperti Perilaku, Iklan, dan E-niaga. Filter dapat menambahkan nilai ke laporan khusus Anda dengan membuatnya mudah dibaca.
Layar terakhir akan menjadi dasbor khusus Anda yang sebenarnya. Ini dapat diakses kapan saja di tab Laporan Kustom. Anda juga dapat menyimpan periode waktu tertentu ke tab Laporan Tersimpan; ekspor file sebagai file PDF, CSV, atau Google Spreadsheet; atau bagikan. Opsi pembagian juga memungkinkan Anda mengatur pengulangan sehingga orang-orang di perusahaan Anda menerima laporan ini setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, atau setiap tiga bulan.
Definisi
Mengetahui beberapa istilah akan menggunakan Google Analytics - dan membuat laporan khusus - lebih mudah. Dimensi adalah atribut data Anda. Google memberikan contoh kota dimensi. Dimensi ini menunjukkan dari mana lalu lintas berasal - New York City, Los Angeles, Chicago, dll.
Setelah dimensi ditetapkan, nilai aktual yang diberikan dikenal sebagai metrik. Jadi, jika Anda mencoba untuk mengetahui berapa banyak orang yang melihat situs web Anda dari New York City, dimensinya adalah Kota New York. Metrik akan menjadi jumlah akhir tampilan halaman dari kota - katakanlah, 1.000 tampilan halaman.
Google memberi pengguna kemampuan untuk membuat metrik dan dimensi khusus sehingga pemilik bisnis dapat mengasah jenis data yang tepat yang mereka butuhkan.
Intinya
Membuat laporan analytics khusus adalah cara terbaik untuk mencari tahu cara meningkatkan keterlibatan online bisnis Anda. Dengan meneliti dan memahami metrik dan dimensi mana yang paling penting bagi perusahaan Anda, Anda dapat mengambil langkah penting untuk memperbaiki bisnis. Laporan khusus adalah cara yang efektif untuk mengumpulkan dan menganalisis data di luar laporan analisis normal.





Tidak ada komentar:
Posting Komentar