Menggeluti dunia bisnis di bidang permakanan tentu sangat menyenangkan. Yang harus kita kuasai tentunya strategi pemasarannya, dengan startegi pemasaran yang tepat tentunya akan mendongkrak nilai jual produk permakanan kita. Dalam dunia bisnis apapun bidangnya, strategi pemasaran produk adalah salah satu pokok terpenting karena tanpa adanya plan ataupun strategi pesaran yang tepat sebagus apapun produk yang ditawarkan nilai jualnya tetap tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.
Nah kembali ke pembahasan pokok dari judul artikel kita kali ini yaitu Strategi Pemasaran produk permakanan yang tepat. Dalam permakanan ataupun makanan kita bisa bereksperimen dan juga berinovasi untuk bisa menciptakan suatu makanan yang unik, serta menarik dan berselera jadi tantangan tersendiri.
Dalam Strategi pemasaran produk permakanan tentunya kita tidak bisa berbicara tentang makanan itu saja. Aspek dan konsep dalam mendesign warung makan, gerai makanan maupun tempat lesehan harus kita buat dengan cara semenarik mungkin. Selain dengan konsep matang dan menarik diaplikasikan pada restoran ataupun tempat lesehan tersebut, kita juga membutuhkan strategi pemasaran produk makanan dari bisnis di kedai tersebut.
Strategi dari pemasaran yang tepat tersebut akan bisa meningkatkan jumlah penjualan kita dengan cepat. Dan pada akhirnya, profit dari bisnis ini pun bisa memenuhi target bisnis yang telah kita tetapkan.
1. Promosikan di tempat yang tepat
Strategi pemasaran produk makanan pertama. Kawasan kampus dan juga kantor adalah kawasan yang sangatlah strategis untuk memulai memasarkan kedai makanan kita. Rata-rata warga kampus atau orang kantoran membutuhkan beragam kedai makan yang pastinya murah meriah namun dengan fasilitas yang mumpuni. Dengan adanya kesempatan tersebut, kita bisa memanfaatkannya dengan cara mempromosikan kedai makanan kita ke kampus-kampus dan juga area perkantoran.
2. Attitude Bersikaplah ramah dalam pemasaran produk.
Pada eksekusinya, kita harus selalu mempertahankan keramahan dan sopan santun pada sistem pelayanannya. Keramahan dan sopan santun ini sekiranya bisa menjadi salah satu unsur mengapa pelanggan memilih suatu kedai ataupun tempat makan untuk menghabiskan waktu. Tanpa keramahan dan juga kesopanan, tentu konsumen akan merasa tidak dihargai dan enggan untuk kembali lagi apalagi untuk berlangganan. Meski selezat apapun makanan yang kita tawarkan, bila penyajiannya tidaklah disertai dengan keramahan, hasilnya pun akan nihil dan tidaklah memberi kesan yang positif di mata para konsumen
3. Tingkatkan pelayanan atau servis.
Strategi pemasaran produk makanan selanjutnya. Pelayanan di lokasi baik di warung ataupun tempat lesehan dimana kita menjual produk kia tidak hanya mengedepankan sopan santun dan juga ramah tamah saja, namun juga harus menyajikan pelayanan ataupun servis yang cepat, tepat dan juga memuaskan. Hal ini dapat diukur dari seberapa responsif kita dalam menangani pesanan-pesanan, berapa lama kita menyajikan menu hidangan setelah dipesan, dan lain sebagainya. Semakin lama, biasanya yang semakin membuat kecewa konsumen
4. Berikan tambahan alunan musik.
Strategi pemasaran produk makanan yang keempat. Alunan musik adalah salah satu penghibur yang cukup efektif. Untuk dapat memasarkan suatu kedai, dengan menambahkan alunan musik tersebut bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik. Untuk sebagian orang, terkadang mencari kedai yang menyuguhkan atau memutarkan musik supaya pelanggan bisa menikmati suasana yang lebih rileks. Selain itu juga musik dianggap bisa menyegarkan kembali otak kita yang sudah sibuk seharian.
5. Gunakan alat makan yang unik dan menarik.
Strategi pemasaran produk makanan kelima. Dengan cara menggunakan konsep restoran ataupun kedai yang unik dan menarik, maka dengan hal tersebut juga bisa jadi salah satu dari beragam strategi pemasaran yang bisa meningkatkan penjualan pada kedai kita. Usahakanlah untuk menyediakan alat makan serta dekorasi lainnya yang benar-benar mendukung konsep dari restoran ataupun kedai kita. Pastikan kita sudah memperhatikan secara detailnya. Makin unik konsep dari kedai, maka makin berkemungkinan besar juga kedai tersebut untuk digandrungi masyarakat.
6. Sediakan waktu memberikan promo diskon khusus
Strategi pemasaran produk makanan selanjutnya. Harga merupakan salah satu unsur yang terpenting bagi seseorang didalam menentukan apakah akan memutuskan untuk membeli ataupun tidak. Dengan kita menawarkan harga yang lebih murah dan sedikit dibawah dari harga standar, biasanya kedai maupun warung makan kita akan lebih diminati oleh para masyarakat. Tapi semua itu tetaplah bergantung kembali pada kualitas dari produk bisnis yaitu makanan dan juga minuman pada kedai kita. Untuk bisa menyenangkan pelanggan serta mengikat mereka supaya menjadi pelanggan yang loyal, maka kita perlu memberikan sebuah program promo atau diskon khusus. Dengan adanya promo atau diskon tersebut, kita bisa meningkatkan penjualan dan akan semakin menarik minat masyarakat untuk mencoba makan di kedai. Aturlah strategi-strategi tersebut seefektif mungkin, dengan embel-embel promo misalnya atau diskon yang sangat menguntungkan tersebut.
Demikianlah strategi pemasaran produk permakanan yang bisa anda terapkan pada bisnis kuliner anda, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar