Anda mungkin pernah mendengar statistik bahwa kami membuat penilaian tentang orang-orang dalam waktu tujuh detik untuk bertemu mereka. Penilaian ini termasuk pendapat tentang kelayakan, disposisi, kepribadian, dan status sosial seseorang.
Bagaimana orang menilai Anda dan karyawan Anda merefleksikan apa yang mereka pikirkan tentang bisnis Anda. Pilih dengan bijak yang mewakili wajah perusahaan Anda, dan pastikan mereka memahami pentingnya membuat kesan bisnis pertama yang baik.
Psikolog di Princeton menganalisis kesimpulan orang tentang orang lain pada 100 milidetik, 500 mdetik, satu detik penuh, dan lebih lama. Mereka menemukan hampir tidak ada perbedaan dalam penilaian ketika orang tiba setelah 100 m pertama.
Apakah prosesnya membutuhkan waktu beberapa detik atau kurang dari satu, tidak diragukan lagi bahwa cara kami menemukan orang ketika mereka pertama kali bertemu kami sangatlah penting. Ini terutama benar jika kita berbicara tentang dunia bisnis.
Seberapa baik kita menjalin hubungan dengan orang-orang yang secara langsung memengaruhi keberhasilan atau kegagalan kita dalam karier dan kesuksesan bisnis kita. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat kesan pertama sebaik mungkin.
Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik dalam Bisnis
Pertimbangkan Busana Bisnis
Kapan pun Anda bertemu dengan klien, apakah Anda melakukan kegiatan rekreasi atau melakukan pertemuan bisnis, penting bagi Anda untuk menampilkan diri dengan baik dan tepat. Sama pentingnya untuk mendidik karyawan Anda dan perwakilan lain tentang apa yang perusahaan Anda anggap sebagai pakaian bisnis yang tepat.
Semoga Anda memanfaatkan pameran dan konferensi perdagangan, yang merupakan peluang untuk menjalin jaringan dengan banyak orang sekaligus. Ketika berusaha untuk membuat kesan yang tak terlupakan di konferensi, "Anda dapat membuat antara 30-100 tayangan pertama dalam sehari."
Membuat kesan bisnis pertama yang baik melibatkan beberapa faktor:
- penampilan
- apa yang kamu bicarakan
- perilaku Anda secara keseluruhan
- punya rencana
- komunikasi nonverbal
Mungkin tampak dangkal untuk menekankan pentingnya pakaian saat membuat kesan pertama. Tetapi jika orang tidak sadar membuat penilaian cepat, bagaimana Anda berpakaian adalah kunci untuk membentuk bagaimana mereka melihat Anda.
Seharusnya akal sehat bahwa Anda tidak ingin tampil ceroboh. Tetapi Anda juga tidak ingin tampil kaku dan formal. Itu bisa membuat Anda tampak tidak bisa didekati.
Bagaimana Anda berpakaian benar-benar tergantung pada industri Anda, tempat, dan posisi Anda di perusahaan Anda. Anda mungkin terkejut mendengarnya, ketika memilih pakaian Anda, kenyamanan Anda sendiri harus menjadi salah satu prioritas utama Anda. Akan sangat sulit bagi Anda untuk berinteraksi secara alami dengan orang lain jika pakaian Anda membuat Anda merasa tidak nyaman dan canggung.
Pastikan pakaian Anda sesuai dan disesuaikan dengan baik. Menjahit berjalan jauh untuk membuat Anda tampil profesional. Bertujuan untuk bergaya tanpa terlalu mencolok.
Pertahankan target pelanggan Anda ketika memilih penampilan yang Anda dan karyawan Anda dan perwakilan lain harus hadirkan. Apa yang mungkin terlalu "di luar sana" untuk satu industri mungkin dapat diterima di industri lain.
Masukan Orang Lain Pertama
Perilaku Anda secara keseluruhan dan keputusan yang Anda buat dapat memiliki banyak dampak. Prinsip panduan Anda harus: menempatkan kebutuhan dan keinginan orang lain sebelum milik Anda. Dengarkan lebih dari yang Anda ucapkan, tunjukkan minat tulus pada orang yang bersama Anda saat itu.
Jangan biarkan diri Anda terganggu oleh orang-orang yang berjalan di sekitar Anda masih ingin bertemu atau perangkat digital. Jangan khawatir tentang percakapan yang sudah Anda miliki atau yang Anda harapkan nanti.
Semakin jarang dan jarang bagi orang untuk saling memberikan perhatian penuh tanpa terganggu oleh ponsel mereka, jika bukan oleh sesuatu yang lain.
Memberi seseorang perhatian Anda yang tak terbagi adalah hadiah, dan mereka yang Anda temui akan menghargai Anda melakukannya. Simpan alasan mengapa Anda ada di sana (ke jaringan) di garis depan pikiran Anda.
Jangan teralihkan mencoba melakukan penjualan. Bukan itu intinya, dan Anda akan tampil tidak jujur jika Anda mencoba menjual kepada orang-orang yang baru saja Anda temui.
Ini tidak harus dikatakan, tetapi Anda tidak sedang menghadiri konferensi atau pertemuan bisnis untuk menemukan kencan atau untuk bersantai dan bersenang-senang. Selalu bertindak profesional terhadap semua orang yang Anda temui.
Sadarilah bagaimana perilaku Anda mungkin dirasakan - misalnya, jika ada bar, bagaimana minum atau bahkan tidak minum dianggap oleh orang lain.
Punya Rencana
Menjadi nyaman di wilayah asing akan jauh lebih mudah jika Anda masuk ke situasi dengan rencana. Punya alasan untuk memilih tempat itu.
Cari tahu siapa yang mungkin ada di sana dan kenal orang-orang atau perusahaan tertentu dengan siapa Anda ingin terhubung. Pastikan Anda memiliki kartu nama yang siap digunakan saat Anda berbaur. Ini membantu menjaga kartu bisnis Anda dalam satu saku atau kompartemen dan kartu yang Anda terima di kartu lain.
Kita semua tahu bahwa bertemu orang memiliki potensi untuk menjadi canggung, jadi rencanakan beberapa pertanyaan bagus sebelumnya. Hindari topik-topik klise yang standar seperti menanyakan kepada orang-orang apa yang mereka lakukan. Juga hindari topik-topik kontroversial seperti politik, agama, bahkan mungkin tim olahraga.
Situasi lain yang mungkin Anda hadapi adalah terjebak dalam percakapan yang ingin Anda tinggalkan. Miliki strategi bagaimana cara melepaskan diri dengan sopan. Anda dapat mengatakan bahwa Anda perlu menggunakan kamar mandi atau tidak ingin mengambil terlalu banyak waktu orang tersebut.
Bekerja untuk Mengingat Nama
Sesuatu yang lain adalah ide yang bagus adalah menjadi ahli dalam mengingat nama-nama orang yang Anda temui. Ini adalah teknik yang sulit untuk dikuasai ketika Anda bertemu dengan begitu banyak orang baru pada satu waktu. Tetapi itu mungkin dan membuat orang merasa dihargai.
Coba ulangi nama mereka ketika Anda pertama kali bertemu dan menggunakannya lebih dari sekali selama percakapan Anda. Ini membantu Anda mengingatnya nanti. Posting Forbes ini memberikan sepuluh tips yang sangat baik untuk mengingat nama dan video ini menunjukkan pakar metode memori ahli Ron White menggunakan:
Jika Anda kebetulan bertemu seseorang lebih dari satu kali dan benar-benar mengingat namanya, orang itu akan sangat terkesan. Saya menduga ini karena begitu banyak dari kita kesulitan mengingat nama.
Anda mungkin menemukan, seperti yang saya lakukan ketika diminta untuk berbicara ke kamera TV, itu menantang untuk melihat langsung ke wajah orang-orang. Mungkin kita berpaling dengan sopan ketika kita bertemu mereka - atau setidaknya terlalu cepat untuk melalui proses memori yang disarankan oleh White.
Tonton Petunjuk Nonverbal
Salah satu aspek rumit untuk mengenal orang adalah bahwa kita sering tidak menyadari bagaimana kita menemukan mereka. Ini bisa dimengerti. Sangat melelahkan untuk menganalisis bagaimana kita secara tidak sadar berkomunikasi setiap detik setiap hari.
Tetapi Anda dapat memiliki kebiasaan yang mendarah daging yang menyebabkan Anda secara konsisten mengirim pesan yang tidak Anda inginkan. Jika demikian, Anda mungkin ingin seseorang memberi tahu Anda untuk membantu Anda berkomunikasi dengan lebih baik. Apakah Anda tampak:
- enggan?
- hangat dan mudah didekati?
- jauh atau tidak ramah?
Apakah Anda tersenyum pada orang dan melakukan kontak mata? Bagaimana Anda berdiri ketika Anda berbicara dengan mereka? Sangat mudah untuk menganggap Anda bertingkah laku satu arah tanpa menyadari bahwa Anda tidak. Analisis diri bermanfaat, tetapi sangat berharga untuk memiliki sudut pandang yang lebih obyektif.
Tanyakan teman, rekan kerja, dan anggota keluarga Anda bagaimana Anda biasanya bertemu dengan orang lain, terutama ketika Anda bertemu orang-orang pertama kalinya. Pastikan Anda mendapatkan saran dari orang-orang yang akan jujur kepada Anda dan memberi Anda umpan balik yang bermanfaat.
Semakin Anda dapat membuat komunikasi nonverbal Anda sejajar dengan apa yang sebenarnya ingin Anda katakan, semakin efektif seorang komunikator Anda secara keseluruhan - dan kesan pertama yang lebih baik yang akan Anda buat.
Jangan Merasa Terkutuk
Mungkin luar biasa mendengarnya, apakah mereka mau atau tidak, orang-orang menghakimimu begitu mereka bertemu denganmu. Alasan kami menekankan kesan pertama begitu banyak adalah bahwa di banyak setelan bisnis, kami tidak memiliki kesempatan untuk membiarkan orang merevisi pendapat mereka tentang kami.
Tetapi ketika kesan pertama yang salah membutuhkan waktu untuk diperbaiki, adalah mungkin untuk mengubahnya. Kami tidak ditakdirkan untuk melihat masing-masing dari satu sudut pandang selamanya. Telah ada sedikit penelitian tentang topik mengubah kesan pertama daripada yang pertama kali dibuat.
Namun pada tahun 2015, para peneliti di Cornell menemukan bahwa, ketika diberi informasi baru, orang-orang benar-benar berubah pikiran ketika mereka menyadari bahwa pendapat awal mereka salah. Jadi jangan terlalu stres tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda. Lakukan yang terbaik untuk menjadi pribadi dan profesional mungkin.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar